RSS Feed

Jumat, 22 Oktober 2010

PCA1003_Pengenalan Hardware Motherboard

1.jelaskan alur komunikasi pada motherboard+gambar


Bus sistem merupakan lintasan komunikasi yang menghubungkan komponen-komponen utama computer. Fungsinya sebagai jalur penghubung antar microcontroller untuk melewatkan data-data antar processor sebagai jaringan / network. Alur dari komunikasi mainboard terdiri dari:
• Northbridge hanya menjembatani arus data di sekitar processor, RAM, FSB, AGP, dan power management.

• Southbridge mengatur kerja pheriperal. Seperti IDE Controller, PCI, ROM BIOS, keyboard, mouse, USB, Eth., LAN, dll

Source: http://anrcyit-it.blogspot.com/2009/10/tugas-produktif-motherboard-ms-6787.html

2.apa pengertian BIOS dan fungsinya?
Bios itu sendiri adalah singkatan dari Basic Input Output System. yang merupakan software pertama dalam suatu komputer sebelum komputer itu bisa dijalankan(Booting). BIOS menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah, dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti keyboard). Karena kedekatannya dengan perangkat keras, BIOS umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa rakitan (assembly) yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan.

Istilah BIOS pertama kali muncul dalam sistem operasi CP/M, yang merupakan bagian dari CP/M yang dimuat pada saat proses booting dimulai yang berhadapan secara langsung dengan perangkat keras (beberapa mesin yang menjalankan CP/M memiliki boot loader sederhana dalam ROM). Kebanyakan versi DOS memiliki sebuah berkas yang disebut "IBMBIO.COM" (IBM PC-DOS) atau "IO.SYS" (MS-DOS) yang berfungsi sama seperti halnya CP/M disk BIOS.

Sedangkan fungsinya:
•pengubah bahasa mesin menjadi bahasa monitor, dan akhirnya terlihat di layar monitor.
•Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test, POST.
•Memuat dan menjalankan sistem operasi.
•Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan computer.
•Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.

Source: http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20080807074332AAVxir3

3.sebutkan tipe-tipe BIOS dan vendornya(analisa perbedaanya)?
BIOS juga sering disebut sebagai ROM BIOS karena pada awalnya BIOS disimpan dalam chip memori hanya baca (ROM) dalam motherboard. Mengapa disimpan di dalam ROM, adalah agar BIOS dapat dieksekusi pada waktu komputer dinyalakan, tanpa harus menunggu untuk menyalakan perangkat media penyipanan terlebih dahulu (yang memakan waktu lama). BIOS dalam komputer PC modern disimpan dalam chip ROM yang dapat ditulisi ulang secara elektrik atau Flash ROM. Karena itulah, sekarang sebutan Flash BIOS lebih populer dibandingkan dengan ROM BIOS. Berikut ini adalah beberapa chip ROM yang digunakan sebagai tempat penyimpanan BIOS.
Prodesen BIOS, diantaranya:

1.IBM PC datang dengan tiga versi BIOS, yang dibedakan dari tanggalnya, yakni sebagai berikut:
•24 April 1981, merupakan versi BIOS pertama dalam IBM PC yang hanya mendukung memori fisik hingga 544 KB. Tidak dilengkapi dengan fitur pemindaian blok memori UMA (Upper Memory Address) untuk beberapa kartu ekspansi (seperti video, adapter hard disk, dan lainnya).
•19 Oktober 1981, merupakan versi BIOS kedua dalam IBM PC yang hanya mendukung memori fisik hingga 544 KB. Sama seperti halnya versi pertama tapi ditambahi beberapa beberapa bugfix.
•27 Oktober 1982, merupakan versi BIOS ketiga yang dapat mendukung memori fisik hingga 640 KB (conventional memory), ditambah dengan fitur pemindaian blok memori UMA. BIOS ini merupakan BIOS yang paling umum digunakan.

2.American Megetrends (AMI BIOS)
Memiliki keunggulan digunakan di Komputer Embedded

3.Microid, produsen BIOS PC dan rumah MR BIOS, Award, Phonenix, FirstBIOS.
Memiliki keunggulan update yang sederhana, dan harga dari bios lebih murah maka vendor lain seperti AMI BIOS.

4.ATI
5.NVIDIA
6.ASUS
Source: http://id.wikipedia.org/wiki/BIOS

4. analisis hasil praktikum untuk hari ini!
Sangat menyenangkan bias belajar mengenal lebih detail tentang hardware apa saja yang terdapat dalam sebuah computer. Karena pada awalnya saya menganggap CPU itu merupakan komponen-komponen yang terdapat didalam casing computer beserta casing computer itu sendiri. Setelah semuanya dipaparkan lebih lanjut ternyata kedua hal itu berbeda. Didalam casing tidak hanya terdapat CPU saja, tetapi ada juga memory, I/O port, northbridge, southbridge, harddisk, IDE dan SATA, jumper, PCI express,dll.

0 komentar:

Posting Komentar